Selasa, 11 Desember 2012

Lho, Aku Lupa Ayat X dan Y

Berbagi tak pernah kehilangan keindahannya.

Pernah gak ketika kita lagi hafalan quran, atau sedang berdiskusi tentang Islam di masjid sekolah, kita hendak membaca sebuah ayat, akan tetapi tidak bisa terucap oleh lisan kita, antara lidah dan otak gak nyambung, alias lupa.

Terus kita mengatakan, "lho rek, aku lupa ayat ini dan ayat itu."

EITS, hati-hati...

Abdullah bin Mas’ud radliyallahu ‘anhu pernah mendengar Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

بِئْسَ مَا لِأَحَدِهِمْ يَقُوْلُ : نَسِيْتُ أَيَةَ كَيْتَ وَكَيْتَ بَلْ هُوَ نُسِّيَ

“Sungguh buruk orang yang berkata : Aku lupa ayat ini dan ini. Namun sebenarnya ia dibuat lupa (oleh Allah ‘azza wa jalla)” [HR. Al-Bukhari no. 5039 dan Muslim no. 791].

Masih dari Abdullah bin Mas’ud radliyallaahu ’anhu, ia berkata : Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam bersabda :

لا يَقُلْ أَحَدُكُم : نَسِيْتُ أَيَةَ كَيْتَ وَكَيْتَ بَلْ هُوَ نُسِّيَ

“Janganlah seseorang dari kamu mengatakan : ‘Aku lupa ayat ini’. Karena sesungguhnya ia dibuat lupa (oleh Allah ‘azza wa jalla)” [HR. Muslim no. 790 dan 229].

Nah, hati-hati ya, nanti kita dicap buruk sama Rasulullah, apa gak rugi ?
Hehehe, mulai yuk biasa mengucapkan kalau lupa tentang suatu ayat, "Aku dibuat lupa ayat ini dan ini atau aku dibuat terlupa ayat ini dan ini." Yakni Allahlah yang membuat kita lupa.

Semangat beradab Islam ! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar