Sabtu, 09 Juni 2012

Why Sastra Arab ?

Limadzaa bi kulliyatil-lughotil-arobiyyah ?
Ada apa dengan jurusan Sastra (bahasa) Arab ?

motivasi pertamaku, bertolak dari kutuubu 'uluumil Islam (buku buku ilmi ilmu Islam), masih banyak, ribuan buku buku yang belum diterjemahkan ke bahasa indonesia, padahal buku buku itu bagaikan mutiara di hutan rimba, sangat berharga dan memiliki manfaat faedah yang besar.

dan juga, terkadang dalam penerjemahan buku buku, diterjemahkan dengan bahasa yang membingungkan ._. dan datar, jadinya gak sedikit juga yang agak bosen membaca tulisan tulisan yang sebenarnya indah itu. kadang ada alasan ya "keindahannya hanya dapat dirasakan hanya dalam bahasa arab", mungkin ada benarnya, tapi aku ingin mengubah itu, aku pingin mentransfer keindahan yang ada di bahasa arab itu, ke bahasa Indonesia, supaya masyarakat Indonesia juga bisa merasakan keindahan dari tulisan tulisan para ulama itu.

motivasi kedua, akan ada alasan "banyak orang lain yang bisa melakukannya, kenapa kamu tidak memilih yang membuatmu lebih kaya/sukses/lalala ?" . Aku tidak bisa membayangkan kalau aku yang gak bisa blas tentang kimia, terus masuk ke jurusan farmasi, itu bakal jadi batu yang begitu besar menimpa punggungku, malah gak maju maju.

karena juga ada beberapa orang yang bilang "kalau kamu mau di suatu hal bas, kamu bakal ngejar ngejar hal itu sampai kamu dapat" dan ada yang nambahi dengan "bahkan kalau hal itu jauh dimanapun dia berada". Aku tertawa aja dengar hal itu, tapi aku akui memang begitu.

Makanya, aku mau masuk jurusan yang aku bener bener passion ama dia, bener bener jatuh cinta. Soalnya nanti dari sana, kontribusi tergilaku muncul, untuk aku, untuk keluargaku, untuk masyarakat, semuanya. Dan aku melalui jalan menjadi seorang penerjemah bahasa arab, penulis, pengajar.

ini jalan yang aku kehendaki, kalau kamu ?

2 komentar: